APA KABAR KAWAN - KAWAN GSONERS, TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI DAN SATU LAGI JANGAN LUPA YA KUNJUNGI FORUM DAN GRUP FB KAMI. TERIMA KASIH SALAM TANGAN SILANG DARI KAMI
G-Sonic berdiri pada tanggal 1 Desember 2011 yg awalnya di gawangi oleh :
*Rangga (BSI)
*Ableh (Usni)
*Robby (Usni)
*Kibo (Usni)
*Bobby (IPB)
*Anas (Karyawan)
*Saipul (Uhamka)
*Adi (Usni)
*Rosma (Usni)
*Bella (Usni)
*Nurul (Usni)
*Joe (Gunadarma)
*Khaidar (UI)
*Ricky (UP)

kami sengaja membentuk Forum/Organisasi ini untuk membangun ke solidaritasan antar teknik semua jurusan, tidak membeda-bedakan sesama,menjalin kekompakkan, membentuk kepemimpinan, membangun logika otak masing-masing dan menghasilkan sebuah karya yang bisa bermanfaat bagi semua. Didalamnya terdapat orang-orang yang memiliki jiwa teknik dan siap mengarahkan teman-teman menggapai tujuan yang sudah dituju.
ARTI LAMBANG G : Global = mencakup secara global bagi semua orang ataupun berbeda jurusan namun memiiki jiwa teknik
Petir : Identik dengan Teknik = harus memiliki sikap yang tanggap, cepat dalam merespon, dan cepat dalam bertindak
Percikan = bahwa karya-karya yang dibuat oleh anggota G-Sonic dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
Visi : Gunakanlah Otakmu dan janganlah menggunakan software atau aplikasi selagi masih bisa menggunakan otak dan logika atau jadikanlah dirimu dewasa dan pertahankan arti persahabatan.
Misi : Membangun Jiwa kepemimpinan, menciptakan ide-ide yg brilian, membuat logika dan otak yg berbicara, menghasilkan sebuah karya, membantu lulusan gsonic untuk belajar usaha dan mempunyai pikiran untuk ke depannya nanti.
Semboyan : Keep FriendShip 'N' Brotherhood Forever berbeda tetapi satu, We are not Friend But We Are Family, We are not Hacker, Defacer, Attacker, Cheater and Cracker But We Technical
≈We Life Together
≈We Fight Together
≈We Die Together
≈We Walk Together
Satu Tujuan Kita semua Tanpa ada rasa menyerah, Mari kita berkarya untuk kalian semua Bersama Teknik Kemarin, Hari ini Dan untuk selama-lamanya
*KITA DISINI MENJUNJUNG NAMA TEKNIK*
*KITA DISINI MENJUNJUNG PERSAUDARAAN*
*KITA DISINI SEMUA ADALAH SATU*
Keep N Touch Ur Heart For Teknik Brotherhood
19 Nov 2011

0
Instalasi dan Konfigurasi OGRE

Pada artikel ini G- Sonic akan menjelaskan cara menginstal OGRE untuk platform Windows. Versi Windows yang saya pakai untuk penulisan artikel ini adalah Windows 7.

Untuk dapat menginstal dan menjalankan OGRE pada komputer, tidak hanya menginstal OGRE SDK saja tetapi juga ada program-program lain yang perlu di install, yaitu:

  • Eclipse

Versi Eclipse yang dapat digunakan dapat berupa versi Galileo atau Helios (versi Eclipse terbaru). Pemrograman OGRE menggunakan bahasa C++, oleh karena itu, install Eclipse IDE C/C++ Developer, dengan C/C++ Development Tools Plugin yang sudah termasuk dalam paket installasi. Setelah didownload, extrak file ke suatu folder dan jalankan Eclipse.exe.

  • MinGW

MinGW adalah aplikasi gcc untuk Windows. Aplikasi ini seluruhnya berada dalam satu direktori. User akan menggunakan C:/mingw sebagai direktori file. Untuk menginstall paket baru, cukup ekstrak ke direktori (misal) C:/mingw.

  • MYSYS
Setelah mendownload MYSYS.1.0.10.exe maka install ke direktori C:\msys. Skrip instalasi akan meminta anda untuk memberitahukan dimana anda menginstall MinGW.

  1. Agar program MYSYS dan MinGW dapat dijalankan dimana saja, kita harus menambahkan direktorinya ke PATH windows juga, caranya: klik Control Panel\System and Security\System kemudian plih Change Settings, Pilih tab Advanced, lalu pilih Environment Variables. Kemudian pada System varible, pilih variable PATH, kemudian klik Edit dan lakukan konfigurasi seperti gambar berikut. Lalu klik Ok.
  2. Untuk memeriksa apakan MinGW dan MYSYS sudah terinstal dengan baik pada komputer, buka Command Prompt dan ketikkan kalimat berikut “gcc –v”, jika sudah terinstal maka tampilannya akan seperti gambar berikut.
  3. Untuk membuat aplikasi Ogre3D kita harus menginstall OgreSDK. Download OGRE SDK for Code::Blocks + MinGW C++ Toolbox, kemudian install di suatu tempat. Disini user akan menggunakan C:\ogreSDK. Kita dapat menggunakan OGRE SDK versi OgreSDKSetup1.6.1_CBMingW.exe atau versi lama: OgreSDKSetup1.4.2_CBMingW.exe


Konfigurasi OGRE SDK pada Eclipse. Buka Eclipse.exe, tentukan workspace atau direktory untuk menyimpan hasil kerja kita nanti. Kemudian pilih menu Window – Preferences – C/C++ – Environment. Klik Add, isi Variable dengan OgreSDK dan value dengan C:/OgreSDK.

Maka program OGRE sudah terinstal dan terkonfigurasi dengan baik di komputer kita. Sekarang kita sudah dapat menggunakan OGRE.

Berikut adalah contoh membuat sebuah Project sederhana menggunakan OGRE.

1. Buat project baru dengan cara klik Menu File – New – C++ Project atau dengan menekan Alt+Shift+n lalu pilih C++ Project. Beri nama pada Project Name.

2. Uncheck pada pilihan “Show project types and toolchains only if they are supported on the platform”

3. Pada Project Type, pilih Empty Project, lalu pada Toolchains pilih MinGW GCC. Kemudian klik Finish.

4. Klik kananproject yang baru saja kita buat, pilih Properties.

5. Klik C/C++ Build, lalu pilih Setting. Pada Configuration, terdapat pilihan “Debug” dan ”Release”. Jika kita memilih “Debug” artinya, kita memilih “Debug” sebagai konfigurasi yang sedang aktif.

6. Lakukan konfigurasi berikut:

DEBUG

RELEASE

Preprocessor

Defined Symbols (-D): WIN32

_WINDOWS

_DEBUG

Defined Symbols (-D):WIN32

_WINDOWS

NDEBUG

Directories

Include Paths(l):“${OGRE_HOME}\include”

“${OGRE_HOME}\samples\include”

Beserta kutip “

Include Paths (l):”${OGRE_HOME}\include”

“${OGRE_HOME}\samples\include”

Beserta kutip “

Miscellaneous

Bag. Other flags : -c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident

Bag. Other flags :-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident

Masih pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linkerikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihanDebug dan Release.

DEBUG

RELEASE

Libraries

Libraries (-l):OgreMain_d

OIS_d

Libraries (-l):OgreMain

OIS

Library search path (-L):“${OGRE_HOME}\bin\debug”

Beserta kutip “

Library search path (L):”${OGRE_HOME}\bin\release”

Beserta kutip “

Miscellaneous

Bag. Other Options (-Xlinker[option]):– enable-auto-image-base

–add-stdcall-alias

Bag. Other Options (-Xlinker[option]):– enable-auto-image-base

–add-stdcall-alias

  1. 1. Untuk memasukkan code pada OGRE, klik kanan pada nama project lalu pilih New –Source File. Beri nama source file. Karena pada OGRE menggunakan bahasa pemrograman C/C++, maka extensi source file harus diberi .cpp . pada project ini saya memberi nama file yaitu BelajarOgre, sehingga nama source file-nya menjadi BelajarOgre.cpp , klik Finish.
  2. 2. Pada source file tersebut, isi sourcecode berikut sebagai contoh:

#include “ExampleApplication.h”

class BelajarOgre : public ExampleApplication {

public:

BelajarOgre(){

}

~BelajarOgre(){

}

protected:

void createScene(void){

//mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen

mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(0,1,1));

//Entity ad objek yg bs dirender discene

Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity(“Athene”,”athene.mesh”);

SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode(“AtheneNode”);

//attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot

node1->attachObject(ent1);

}

};

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

#define WIN32_LEAN_AND_MEAN

#include “windows.h”

INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)

#else

int main(int argc, char **argv)

#endif

{

//bikin objek aplikasi

BelajarOgre app;

try {

app.go();

} catch (Exception e) {

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

MessageBox(NULL,e.what(),”Terjadi Error!”,MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);

#else

fprintf(stderr,”Terjadi Error = %s\n”,e.what());

#endif

}

return 0;

}


Build project tersebut, dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\debug(karena kita membuat debug yang aktif, jika release yang aktif, maka pilih folder release) lalu buka file resource.cfg dengan menggunakan NotePad++ maka isinya sbb :

# Resource locations to be added to the ‘boostrap’ path

# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework

[Bootstrap]

Zip=../../Media/packs/OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path

[General]

FileSystem=../../Media

FileSystem=../../Media/fonts

FileSystem=../../Media/materials/programs

FileSystem=../../Media/materials/scripts

FileSystem=../../Media/materials/textures

FileSystem=../../Media/models

FileSystem=../../Media/overlays

FileSystem=../../Media/particle

FileSystem=../../Media/gui

FileSystem=../../Media/DeferredShadingMedia

FileSystem=../../Media/PCZAppMedia

Zip=../../Media/packs/cubemap.zip

Zip=../../Media/packs/cubemapsJS.zip

Zip=../../Media/packs/dragon.zip

Zip=../../Media/packs/fresneldemo.zip

Zip=../../Media/packs/ogretestmap.zip

Zip=../../Media/packs/skybox.zip

  1. replace (ganti) coding “…/…/” dengan “C:/OgreSDK” sehingga menjadi seperti berikut:

# Resource locations to be added to the ‘boostrap’ path

# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework

[Bootstrap]

Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path

[General]


FileSystem=C:/OgreSDK/Media

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/fonts

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/programs

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/scripts

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/textures

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/models

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/overlays

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/particle

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/gui

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/DeferredShadingMedia

FileSystem=C:/OgreSDK/Media/PCZAppMedia

Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/cubemap.zip

Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/cubemapsJS.zip

Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/dragon.zip

Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/fresneldemo.zip

Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/ogretestmap.zip

Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/skybox.zip

  1. Save project yang telah kita buat.
  2. Copy file d3dx9d_30.dll ke dalam folder Debug (jika mengaktifkan Release, maka Copy ke dalam folder Release).
  3. Lalu kembali lagi ke Eclipse, klik Save dan Build pada toolbar.
  4. Masuk ke direktory workspace project yang telah dibuat, kemudian jalankan programnya dengan men-double-click file Application .exe .
  5. Kemudian akan meuncul tampilan seperti berikut:

    1. Kita dapat memilih tampilan akan muncul di layar secara full Screen atau tidak. Kemudian pilih “Direct3D9 Rendering Subsystem” pada Rendering Subsystem, lalu klik OK. Maka hasil tampilannya akan seperti berikut:

      OGRE tidak hanya bisa di install pada platform Windows saja, tetapi juga bisa di install di Linux. Saya sendiri belum pernah mencoba menginstal OGRE di Linux, tapi artikel ini berisi panduan menginstal OGRE di Linux

      1 Installing OGRE

      1.0 Install Dependencies
      Jalankan sourcecode berikut di jendela terminal:

      sudo apt-get install build-essential autoconf libtool libdevil-dev libfreeimage-dev libfreetype6-dev libglew1.5-dev libxaw7-dev libxrandr-dev libxt-dev libxxf86vm-dev libzzip-dev

      dependencies adalah sebagai berikut:
      Bootstrap: libtool autoconf
      Membuat: build-essential
      Ogre: libdevil-dev libfreeimage-dev-dev libfreetype6libglew1.5-dev-dev libxaw7 libxrandr-dev-dev libxt libxxf86vm-dev-devlibzzip

      Instal OIS
      klik halaman berikut untuk mendownload OIS http://sourceforge.net/project/showf…roup_id=149835 dan download versi terbaru.

      ekstrak file, buka jendela terminal,dan cd ke folder yang di ekstrak. Kemudian ketik:

      ./bootstrap

      ./configure

      make

      sudo make install

      1.2 Mendownload Source OGRE
      Download ”xxx Sumber Ogre untuk Linux / OSX” dari
      http://www.ogre3d.org/download/source dimana xxx adalah nomor distribusi.

      1.3 Konfigurasi
      Buka jendela terminal dan cd ke direktori source OGRE, (~ / .ogre /raksasa).
      Sekarang jalankan perintah berikut dalam terminal:

      ./bootstrap

      Sekarang ketikkan dan jalankan sourcecode berikut:

      ./configure

      Jika konfigurasi gagal dan meminta anda untuk menginstal nVidia’s Cg library,maka perhatikan langkah berikut:

      1.4 Install nVidia Cg Library
      Catatan: Jangan lakukan langkah ini jika konfigurasi berjalan dengan sukses.
      Download ”Linux x86″ (32-bit) atau Linux tar x86-64 ”(64-bit) file from http:. / / developer.nvidia.com/object/download c…html . Ekstrak file tersebut ke sebuah direktori, dan copy semua file ke folder yang sesuai pada sistem anda.
      Setelah menempatkan file, anda perlu mengkonfigurasi ulang Ogre:

      ./configure

      1.5 Make
      Setelah konfigurasi selesai, jalankan perinta berikut:

      make

      Catatan: proses ini bisa memakan waktu yang sangat lama. Jika Anda ingin lebih cepat, anda dapat menjalankan anda dapat menjalankan perintah make pada mode multithreaded menggunakan perintah berikut:

      make -j x

      di mana x adalah dua kali jumlah core komputer Anda.
      PERINGATAN: Jangan jalankan ’make-j’, ini akan jalankan make dengan jumlah yang tidak terbatas secara bersamaan dan akan membuat komputer kelebihan beban dan membekukan OS anda dalam beberapa detik.Ini disebut sebuah makebomb.

      1.6 Install
      Sekarang semuanya (mudah-mudahan) telah terkonfigurasi dengan benar, Anda akhirnya siap untuk menginstal OGRE, ketik:

      sudo make install

      1.7 Update Dynamic Linker
      Sekarang Anda telah menginstal segala sesuatu di tempat yang tepat, Anda perlu untuk memberitahu linker untuk memperbarui chaches itu.
      Jalankan sourcecode berikut:

      sudo ldconfig

      Membuat Proyek OGRE
      2.1 Membuat sebuah Empty Project
      Buka Code:: Blocks dan pilih File-> New-> Project. Pilih Empty Project, klik Go, dan pilih lokasi. Biarkan halaman berikutnya bernilai default dan klikFinish.

      2.2 Tambahkan Linked Perpustakaan
      Project -> Build Option pilih “Linker Pengaturan” tab dan menambahkan “OgreMain” dan “GL” ke kotak ”Link Libraries”.
      Catatan: Juga menambahkan ”OIS” untuk OIS, ”CEGUI” untukCEGUI, ”QuickGUI” untuk QuickGUI tergantung pada perpustakaan tambahan yang akan Anda gunakan. Jika Anda menggunakanBullet, adalah mutlak penting bahwa Anda memasukkan “bulletmath”, “bulletcollision”, dan “bulletdynamics” dalam urutan yang tepat.

      2.3 Mengatur Berkas plugins.cfg
      Buat sebuah file bernama ”plugins.cfg” pada direktori project yang anda eksekusi, harus meliputi:

      PluginFolder=/usr/local/lib/OGRE

      Plugin=RenderSystem_GL.so

      Plugin=Plugin_OctreeSceneManager.so

      2.4 Menggunakan Aplikasi Contoh [OPTIONAL]
      Jika Anda melakukan sesuai tutorial atau sebaliknya mendasarkan project Anda pada kerangka Contoh Aplikasi yang disertakan dengan sumber OGRE, Anda harus menyalin Sampel / Media , dan Sampel / Common / include / * dari direktori source OGRE, (~ /. raksasa / raksasa), ke Project Directory Anda dan proyek Anda termasuk direktori masing-masing. Terakhir, Anda juga harus menyalin Sampel / Common / bin / file resources.cfg untuk membangun direktori proyek Anda dan mengganti ‘../../’ semua dengan alamat yang sesuai ke direktori media Anda. Juga ingat untuk menambahkan sourcecode berikut Ke file utama OGRE :

      #include “ExampleApplication.h”

0 komentar:

Ads 468x60px

I
 
. | © Copyright 2011 - 2013 by Lucky Preira | Supported by Universitas Satya Negara Indonesia & DX LabeLs